Laman

Kamis, 20 Januari 2011

TRIVIA [3]

Kecepatan rata-rata Bumi mengorbit Matahari adalah 105.000 km/jam.

Perihelion Bumi (perihelion = jarak terdekat Bumi ke Matahari, lawannya aphelion, karena rotasi Bumi dan planet lainnya berbentuk elips) adalah pada Januari.

Reaksi nuklir dalam inti Matahari mengubah massa menjadi energi. Materi yang terbakar sekitar 4,5 miliar kg (5 juta ton) per detik.

Kuasar merupakan objek yang mirip bintang (quasar = quasi-stellar object), namun memancarkan energi hingga ratusan kali lipat sebuah galaksi.

Kuasar PG1115+080, dalam infrared
Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus adalah planet-planet yang sudah diketahui sejak zaman Yunani kuno. Planet-planet sisanya ditemukan setelah tahun 1600. Saturnus merupakan planet terakhir yang bisa dilihat dengan mata telanjang, tanpa alat bantu.

Lunar. Dalam bahasa Inggris berarti “of the moon”, yang berhubungan dengan Bulan. Kata “lunar” diambil dari nama Dewi Bulan bangsa Romawi, Luna.
Maria. Maria adalah daerah datar dan gelap di permukaan Bulan. Maria mungkin merupakan bekas aliran lava. Kata “maria” berasal dari kata Latin, yang berarti “laut”, karena dahulu bagian gelap di Bulan dianggap laut. “maria” merupakan bentuk plural, bentuk singularnya adalah “mare”.

Maria
Periode rotasi Bulan dan periode orbit Bulan terhadap Bumi adalah sama. Oleh karena itu, sisi yang menghadap Bumi selalu sama tiap malam, dan “sisi belakang”nya tidak akan pernah terlihat dari Bumi.
Warna langit Bulan adalah hitam, meskipun terkena sinar Matahari. Hal ini karena Bulan tidak memiliki atmosfer yang menyebarkan sinar Matahari.

Sisi "belakang" Bulan
Pernahkah ada yang terbunuh karena “kejatuhan” meteoroit? Hampir tidak pernah. Meteoroit, yang bila jatuh ke Bumi dan tidak terkikis seluruhnya, yang disebut meteorit, menghantam Bumi tiap hari. Namun, “tertimpa” meteorit bukanlah hal yang perlu ditakuti – karena hampir tidak pernah terjadi. Satu kejadian kejatuhan meteorit yang tercatat adalah meteorit yang menewaskan seekor anjing di Mesir pada 1911. Ada juga sebuah teks kuno yang menyatakan meteorit jatuh di dekat kota, namun tidak pasti apakah ada yang tertimpa atau tidak. Dan itulah kejadian yang tercatat selama ribuan tahun terakhir ini.

Satu hari di Venus lebih lama dari satu tahunnya. Periode orbit Venus adalah 224 hari, sedangkan periode rotasinya adalah 243 hari.
Venus merupakan satu-satunya planet yang berotasi dari barat ke timur, tidak seperti planet-planet lainnya yang berotasi dari timur ke barat.

Betelgeuse, atau α Ori (bintang terterang di konstelasi Orion), ukurannya kira-kira sebesar lintasan orbit Jupiter, sekitar 300 kali lipat Matahari.

Betelgeuse


Thanks for reading ^_^

Sumber:
buku The Astronomy Handbook: Guide to The Night Sky, 2005, karya Clare Gibson.

PS:
Silakan kalau mau copy-paste, namun kalau tidak keberatan mohon sertakan link-back ke blog ini. Terima kasih.



Related Posts:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar